Gelar Lomba Jukung Tradisional Mantuil di Pulau Bromo Banjarmasin

PORTALBANUA.COM - BANJARMASIN

Bentuk kepedulian Paman Birin dan Ketua Tim Penggerak PKK Kalsel Hj Raudathul Jannah (Acil Odah) terhadap generasi muda, dalam rangkaian memperingati Harjad ke-74 Kalsel dan HUT ke-79 RI.

Digelar Lomba Jukung Tradisional Mantuil di bawah Jembatan Pulau Bromo, Kota Banjarmasin, Sabtu (24/8/2024), yang dihadiri Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor (Paman Birin) diwakili Plt Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda Kalsel Rusdi Hartono

Rusdi Harono mengakui, lomba jukung tradisional Mantuil sebagai bentuk perhatian Gubernur Paman Birin dan Acil Odah kepada masyarakat. ‘Kita saksikan bersama Lomba Jukung Tradisional Mantuil hari ini,’ ujar Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kalsel ini.

Menurutnya, jukung merupakan ciri khas warga di Kalsel, dan sebagai moda transportasi yang memiliki nilai historis cukup tinggi. “Dahulu para pejuang kita berjuang memakai jukung ini,’ jelasnya.

Baca Juga: Siap Menang Atlet Tenis Meja di Porwanas XIV Kalsel

Untuk itu, Ia mengajak seluruh masyarakat selalu menjaga kelestarian sungai, tidak membuang sampah sembarangan, dan jangan memakai racun untuk mencari ikan. “Karena ini air untuk kehidupan anak cucu kita,” pesannya.

Para Peserta Lomba Jukung Gigih untuk Meraih Juara
Para Peserta Lomba Jukung Tradisional Mantuil Gigih untuk Meraih Juara untuk Piala Paman Birin 2024

Tokoh masyarakat Mantuil Rusbandi mengungkapkan, pihaknya berniat untuk terus melestarikan lomba-lomba jukung ini. “InsyaAllah lomba ini akan kita laksanakan setiap tahun,” harap anggota DPRD terpilih periode 2024-2029 ini.

Acara ini, sambung Rusbandi, untuk melestarikan budaya juga mencari bibit atlet dayung. “Alhamdulillah, terima kasih kepada Paman Birin yang telah mensupport kegiatan ini melalui Dinas Pemuda dan Olahraga, serta juga Acil Odah yang telah memberikan hadiah doorprize pada lomba ini,” bebernya.

Baca Juga: Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor Terima Penghargaan PWI Pusat

Ketua Panitia Pelaksana Supiani memastikan, pada lomba ini peserta yang mengikuti berjumlah 64 jukung (tiap jukung diisi 5 orang), yang berasal dari Tabunganen, Aluh-Aluh, Tanipah, dan Kapuas (Kalteng).

“Terima kasih kepada Paman Birin dan Acil Odah yang telah membantu hingga terlaksananya acara Lomba Jukung Tradisional Mantui ini secara sukses dan lancar,” imbuhnya. (adh/tim)

Juara Julung Tradisional Mantuil
Jukung Ridho ilahi Juara 1
Jukung Zahra Juara 2
Jukung Dara Juara 3
Jukung Kholid Juara 4

Juara Harapan
Jukung Rusbandi Bergerak
Jukung Ababil 1
Jukung Zahra
Jukung Putra Basimban

Follow Portal Banua di Google News Cek Berita Lainnya

 

0 Komentar