Forum Publikasi ALCo Regional Kalimantan Selatan

Forum Publikasi Bersama untuk Kepentingan Banua

PORTALBANUA.COM - BANJARMASIN

Fenomena langka dan mahalnya gas LPG 3 Kg di Kalimantan Selatan (Kalsel) menjadi perhatian dalam forum Publikasi ALCo Regional Kalimantan Selatan di Aula Kanwil Kanwil DJPb Provinsi Kalsel, Jumat (28/6/2024).

Sales Area Manager Kalsel PT Pertamina Patra Niaga Bondan Tri Wibowo di Banjarmasin, menyampaikan, agar masyarakat Kalse bijak dalam penggunaan Liquefied Petroleum Gas (LPG) 3 kg bersubsidi karena kuota pada 2024 di provinsi ini telah over atau melebihi kuota yang ditetapkan.

“Kuota LPG 3 kg bersubsidi di Kalsel pada 2024 sekitar 106.539 metrik ton (M/T), hingga pertengahan tahun yang terpakai sudah melebihi tiga persen dari total kuota yang ada,” katanya

Baca Juga: Jamaah Haji Diberangkatkan ke Arafah untuk Wukuf

Ia menyebutkan terkait kondisi over kuota itu, ada masyarakat yang sebenarnya kategori mampu justru menggunakan LPG 3 kg bersubsidi.

“Masyarakat agar lebih bijak, jangan ambil hak masyarakat yang membutuhkan. LPG subsidi hanya bagi masyarakat pra sejahtera, kalau merasa mampu silakan pakai LPG non-subsidi,” ujarnya.

Meskipun dalam kondisi ketidaknyamanan LPG di banua ini, menurut Kepala Kanwil DJPb Kalsel, Safriadi. Bahwa Kondisi perekonomian Kalsel hingga bulan Mei 2024 masih melanjutkan trend positifnya di tahun 2024.

Baca Juga: Jamaah Haji Diberangkatkan ke Arafah untuk Wukuf 

Aktivitas dan mobilitas masyarakat yang terus meningkat menjadi salah satu pemicu tumbuhnya perekonomian Provinsi Kalimantan Selatan. Perayaan Hari Raya Idul Fitri yang diikuti dengan cuti bersama Pegawai, serta pencairan gaji ke-13 maupun THR turut menyumbang pergerakan ekonomi di Kalsel dari sisi belanja pemerintah.

“Tren positif perekonomian masyarakat didukung karena mobilitas masyarakat yang terus meningkat.
Tingkat inflasi Mei 2024 masih terkendali dan tercatat deflasi sebesar 0,01% (mtm) atau mengalami mengalami inflasi sebesar 2,63%(yoy),” ucapnya. (adh/tim)

Follow Portal Banua di Google News Cek Berita Lainnya

 


0 Komentar