320 Jamaah Haji Kloter 13 Embarkasi Banjarmasin Berangkat

PORTALBANUA.COM - BANJARBARU

Sebanyak 320 jamaah haji kelompok terbang (Kloter) BDJ 13 yang berasal dari Kabupaten Kotabaru dan Hulu Sungai Selatan diberangkatkan, Rabu (29/5/2024) siang dari Asrama Haji Embarkasi Banjarmasin.

Disambutannya, Sekretaris Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Banjarmasin Dr. Eddy Hairani Z, S.Ag. M.Pd.I, yang juga Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) mengatakan jamaah haji Kloter BDJ 13 yang berasal dari Kabupaten Kotabaru berjumlah 228 jamaah, Hulu Sungai Selatan 84 jamaah dan 3 Petugas Haji Daerah, dengan jumlah keseluruhan 315.

Baca Juga: Pertamina: Kebutuhan Avtur Penerbangan Haji di Kalsel Tercukupi  

Kloter BDJ 13 akan disertai dengan 5 Petugas Kloter yang terdiri dari Ketua Kloter, Pembimbing Ibadah dan Tenaga Kesehatan Haji Indonesia (TKHI) yang terdiri dari 1 orang Dokter dan 2 orang perawat. Jamaah dan petugas haji yang sudah diberangkatkan pada Kloter BDJ 13 sebanyak 320 jamaah.

“Dan sampai hari ini alhamdulillah tidak ada yang open seat. Jadi mulai dari Kloter BDJ 01 sampai Kloter BDJ 13 hari ini semuanya full 320 jamaah, mudah-mudahan Kloter berikutnya kita masih bisa mempertahankan full seat tidak ada yang open seat,” harapnya.

Jamaah Haji Asal Banua Kalsel

Lebih lanjut dikatakannya jumlah jamaah yang diberangkatkan sampai dengan Kloter BDJ 13 berjumlah 4.160 jamaah baik dari Kalsel maupun Kalteng. Untuk jamaah lanjut usia Kloter BDJ 13 yang memakai kursi roda berjumlah 10 jamaah. “Dan ini agar menjadi perhatian khusus bagi Tim Kesehatan kita,” katanya.

Baca Juga: Pertamina: Kebutuhan Avtur Penerbangan Haji di Kalsel Tercukupi  

Untuk jamaah tertua lanjutnya atas nama Ramlan Kumri Taib umur 83 tahun dan yang termuda atas nama Muhammad Rizqullah Madiani umur 20 tahun keduanya berasal dari Kabupaten Hulu Sungai Selatan. “Dan jamaah Kloter BDJ 13 akan diterbangkan dari Bandara Syamsudin Noor tanggal 29 Mei 2024 pukul 18.00 Wita dengan menggunakan pesawat Airbus 340 Garuda Indonesia dengan Nomor Flight GA 8113 dan direncanakan mendarat di King Abdul Aziz International Airport Jeddah tanggal 30 Mei 2024 pukul 2.15 WAS,” katanya.

Kepada jamaah haji Kloter BDJ 13 Eddy berpesan agar memperbanyak minum air agar terhindar dari dehidarsi, karena kondisi saat ini di Arab Saudi sudah mencapai 40 derajat celcius. Selama disana gunakan alat pelindung diri (APD) ketika tidak berumrah bisa gunakan masker, topi atau penutup kepala lainnya supaya tidak terkena paparan sinar matahari secara langsung.

Baca Juga: Pertamina: Kebutuhan Avtur Penerbangan Haji di Kalsel Tercukupi  

“Sebelum melaksanakan ibadah wajib di Armuzna atau puncak haji, jangan terlalu memforsir untuk melaksanakan ibadah sunah, konsentrasi pada pelaksanaan ibadah haji di Armuzna nanti,” pintanya.

Selaku Sekretaris PPIH Embarkasi Banjarmasin Eddy mendoakan jamaah haji Kloter BDJ 13 agar selalu diberikan Allah kesehatan, keafiatan dan kemudahan dalam melaksanakan semua rangkaian ibadah haji dan umrah, dan memperoleh haji yang mabrur. (adh/tim)

Follow Portal Banua di Google News Cek Berita Lainnya

0 Komentar