Trik Bikin Tempe Krispi Gurih dan Renyah


Tempe Crispy Enak Sekali
 

PORTALBANUA.COM

Gorengan memang cocok jadi pelengkap semua hidangan. Nah, salah satu gorengan yang digemari banyak orang adalah tempe krispi. Tekstur renyah dan garingnya memang bikin siapa saja ketagihan.

Agar teksturnya garing dan renyah, sejumlah orang sengaja menambahkan tepung beras ke dalam adonan tepung tempe krispi. Meski begitu, kalau takarannya kurang pas, tempe krispi yang dihasilkan cenderung keras. Alhasil, butuh tenaga ekstra untuk mengonsumsinya.

Baca Juga: Keluarga Besar Bank Kalsel Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW

Untuk menyiasatinya, kamu bisa meniru cara membuat tempe krispi ala pengguna YouTube CR COOK. Di unggahan videonya, warganet satu ini mengganti tepung beras dengan bahan dapur lainnya untuk menghasilkan tempe krispi yang keriting dan renyah tahan lama. Penasaran bahan dan caranya bagaimana?

Dilansir BrilioFood dari YouTube CR COOK pada Jumat (20/10), potong tempe pakai pisau yang benar-benar tajam. Bukan tanpa alasan, dengan pisau tajam, potongan tempe yang dihasilkan jadi tipis dan nggak hancur.

Setelah itu, ia menyiapkan adonan tepungnya. Tampak ia mencampurkan 5 sdm tepung terigu, 1 sdm tepung tapioka, 1 sdt garam, 1/2 sdt kaldu bubuk, 1/4 sdt lada bubuk, dan air dalam wadah. Sebelum diaduk, ia juga menambahkan satu bahan dapur sebagai pengganti tepung beras, yakni baking powder. Nggak perlu banyak-banyak, ia cuma mencampurkan 1 sdt baking powder ke dalam adonan tepung.

Iklan Lewat
"Aku aduk-aduk biar semua bahan tercampur dan nggak ada yang bergerindil," ungkapnya lebih lanjut.

Baca Juga: Keluarga Besar Bank Kalsel Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW

Proses selanjutnya, potongan tempe dimasukkan ke dalam adonan tepung. Bolak-balik agar adonan tepung menempel ke seluruh sisi tempe.

Setelahnya, tempe dimasukkan satu per satu ke dalam minyak goreng panas. Menurutnya, minyak panas jadi salah satu faktor kerenyahan tempe krispi yang dihasilkan nanti.

"Aku pakai minyak yang banyak biar kerendem dan pastikan harus panas biar hasilnya kriuk," ucapnya.

Tempe sengaja dibolak-balik biar matang merata. Setelah kedua sisinya tampak matang dan kokoh, ia sengaja menyiram minyak goreng panas pakai sisa adonan tepung yang sudah dibuat tadi.

"Kita siram dari jarak yang agak tinggi ya, terus pastikan minyaknya masih benar-benar panas. Tempenya langsung aku bolak-balik biar adonannya menempel ke seluruh bagian tempe," jelasnya.

Baca Juga: Keluarga Besar Bank Kalsel Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW

Proses ini bertujuan untuk menambahkan tekstur di kulit tempe. Agar hasilnya maksimal, ia sengaja melakukan proses yang sama sebanyak 2-3 kali.

Setelah matang dan berwarna kecokelatan, tempe krispi diangkat satu per satu. Tiriskan terlebih dahulu, lalu tempe krispi siap untuk disajikan. Gimana, tampilannya tampak menggiurkan, kan? adh/tim

 Follow Portal Banua di Google News Cek Berita Lainnya 


0 Komentar