Terong Ungu untuk Kesehatan

PORTALBANUA.COM

Terong ungu adalah sayuran yang memiliki rasa yang khas, tetapi tidak semua orang menyukainya. Teksturnya sangat cocok diolah menjadi sup, semur, dan berbagai masakan olahan khas Indonesia lainnya.

Seperti dilansir halodoc.com, selain itu, makanan ini mengandung berbagai macam nutrisi yang menyehatkan dan bahkan melindungi tubuh dari berbagai penyakit. Berbagai manfaat ini bisa didapatkan pada seseorang yang rutin mengonsumsi terong ungu.

Baca Juga: Ford Ranger Raptor Next Generation Meluncur di Kalimantan Selatan

Melancarkan Pencernaan

Mengonsumsi terong ungu dapat membantu tubuh dalam mengatasi gangguan pencernaan, seperti sembelit dan perut kembung. Sayuran ini dapat menjaga pencernaan tetap sehat. Bahkan, terong meningkatkan penyerapan nutrisi dari makanan yang dikonsumsi bersamaan.

Bahkan, dapat berperan sebagai serat karena kaya kandungan prebiotik. Serta membantu dalam menjaga dan meningkatkan populasi dari bakteri baik di usus.

Serat tersebut juga sangat baik dalam melancarkan buang air besar secara teratur, mencegah sembelit, serta merangsang sekresi cairan lambung. Semua manfaat tersebut dapat meningkatkan pemrosesan makanan dan penyerapan nutrisi saat masuk ke tubuh.

Kaya Antioksidan

Antioksidan adalah senyawa yang dapat mencegah kerusakan sel pada tubuh. Sebab, kerusakan ini dapat mengganggu fungsi sel normal serta menimbulkan peradangan pada tubuh, disebut juga dengan radikal bebas.

Baca Juga: Pemberitahuan untuk Nasabah, Bank Kalsel Lakukan Maintenance Sistem

Dengan mengonsumsi makanan yang kaya antioksidan sangat baik dalam membantu menetralisir radikal bebas. Jangan ragu untuk mengonsumsi sayuran ini agar tubuh dapat sehat secara keseluruhan.

Terong Ungu Banyak Manfaat Kesehatan Tubuh

Meningkatkan Kesehatan Tulang

Mampu meningkatkan kesehatan tulang. Sebab, terong kaya akan kandungan potasium, kalsium, serta vitamin K, berbagai zat yang sangat baik dalam meningkatkan kesehatan dan kepadatan tulang. Konsumsi terong secara rutin bisa jadi menurunkan risiko osteoporosis.

Menurunkan Kolesterol

Terong ungu menurunkan tingkat kolesterol pada tubuh. Hal ini disebabkan kandungan nasunin yang tinggi, serta telah terbukti dapat menjaga kadar kolesterol di ambang normal.

Baca Juga: Bukti Kepedulian Santri Ganjar di Tanah Laut, Cat Ulang Musala dan Kerja Bakti

Bahkan, terong mampu menurunkan risiko seseorang terserang penyakit jantung, tekanan darah tinggi, stroke, hingga serangan jantung. Jika kamu mengidap hipertensi, sebaiknya memasukkan makanan ini ke dalam menu diet harian.

Menurunkan Berat Badan

Terong cocok dikonsumsi seseorang yang ingin menurunkan berat badan. Kandungan serat yang tinggi pada sayuran ini dapat membantu menyehatkan pencernaan dan penurunan berat badan.

Terong rendah kalori yang mampu membantu dalam mengendalikan nafsu makan. Bukan hanya itu, makanan ini juga dapat membantu seseorang lebih mudah untuk kenyang, sehingga tidak makan secara berlebihan. (*)

Follow Portal Banua di Google News Cek Berita Lainnya 

 

0 Komentar