Promosi Wisata dan Persaingan Calon Juara

PORTALBANUA.COM - BANJARMASIN

Kalsel dipercaya menjadi tuan rumah Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Time Rally Putaran 4 dan Fun Rally Kalimantan Selatan. Even yang juga memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) TNI ke-78 ini akan dilangsungkan 7-8 Oktober 2023 dengan mengambil start dan finish di Hotel Aston Banua, Kabupaten Banjar.

Puluhan pembalap nasional dan lokal dipastikan ambil bagian pada Kejurnas Time Rally dan Fun Rally ini. Sudah ada 53 pembalap yang akan mengikuti Kejurnas dan 16 peserta Fun Rally.

“Total keseluruhuan sampai hari ini (kemarin, red) sebanyak 69 pembalap. Pesertanya kemungkinan bertambah karena pendaftaran masih dibuka hingga menjelang pertandingan nanti,” ungkap panitia pertandingan Fransiskus Arifin yang didapingi Kabid Mobility Ikatan Motor Indonesia (IMI) Kalsel H Arief, Kamis (5/10/2023) di Banjarmasin.

Untuk acara pelepasan seremonial, lanjutnya, dilakukan, Jumat (6/10/2023) pagi di Halaman Korem 101/Antasari. “Kami bekerjasama dengan Korem 101/Antasari dalam rangkaian memperingati HUT TNI ke-78,” sebutnya.

Kejurnas ini, sambunnya, mempertandingkan kelompok umum time rally, seeded B time rally, non seeded time rally, wanita, team club/IMI Prov Kalsel. Sedangkan kejuaraan Fun Rally, terdiri kelas umum, pemula, famly, klub komunitas, Dinas SKPD, ASN TNI, Polri, BNN.

Baca Juga: FWE Kalsel Goes To Campus 2023 Sukses Digelar, Ratusan Anak Muda Diajak Untuk Pintar Literasi Keuangan

“Pembalap yang sudah mendaftar, ada dari Jakarta, Kaltim, Jateng, Jatim, Kalteng. Diantara pembalap itu, Hengky yang menempati peringkat dua nasional dipastikan hadir. Termasuk pembalap wanita asal Kalsel yang akan memeriahkan persaingan,” jelasnya.

Rencanakan akan menempuh jarak lebih dari 300 km yang melewati
wilayah wisata alam, seperti Kiram Park, Mandiangin, hingga Gunung Batu. “Para peserta melintasi tiga wilayah, yakni Banjarmasin, Banjarbaru, dan Martapura,” beber Ketua Gabungan Otomotiv Banua Sehati (Gabus) ini.

Panitia pelaksana Kejurnas Time Rally dan Fun Rally Kalsel 2023
Sementara itu, Kepala Bidang Mobility IMI Kalsel, H Arief menyampaikan, pihaknya tentu memberikan dukungan penuh atas terselenggaranya Kejurnas Wisata Rally putaran ke 4 ini.

“Event ini jelas memberikan dampak positif terhadap perkembangan dan kemajuan dunia otomotif khususnya rally di Indonesia, terlebih di Kalsel,” tutur wartawan senior Barito Post ini.

Disamping itu, kegiatan ini juga menjadi salah satu sarana promosi objek wisata di Bumi Antasari. Yang mana lokasi-lokasi lintasan secara otomatis turut mengekspos destinasi wisata alam yang dimiliki Kalsel. “Kebetulan Kalsel memiliki wisata yang menjadi daya tarik tersendiri,” ucapnya.

Baca Juga: Sidang Senat Terbuka Universitas Cahaya Bangsa Dies Natalis XXI & Wisuda Sarjana XVII Digelar Hari Ini

Kejurnas Wisata Rally Kalimantan Selatan sudah pasti akan menjadi kunci bagi perebutan juara nasional 2023 karena setelah putaran Kalsel ada sisa satu putaran di Jawa Barat yang menjadi terakhir di 2023.

Namun putaran Kalsel ini sebagai penentu juara nasional 2023 karena jarak tempuh lebih dari 300 km yang berarti total poin putaran ini akan bernilai 1,5 kali dari poin regular.

I Gusti Lanang Wiweka/Adhi Surya/Taufik Rahman dari Kalimantan Timur memimpin poin sementara kejurnas Wisata Rally 2023. Perally dari team Protect Sport Jogjakarta ini unggul sementara dari perally senior Jawa Timur dari team DMO Garage yang juga beberapa kali juara Nasional yaitu Suryo Putranto/Prihatmanto/Rizky EA.

Lanang cs sudah kenal daerah Kalimantan Selatan sehingga menguntungkannya bagi perebutan takhta juara nasional 2023.

Persaingan juara nasional Non-Seeded juga dipastikan seru, rekan satu team Daihatsu dipastikan berebut juara nasional Non-Seeded musim ini.

Ginanjar Pastika/Fudin Bili/Eko Ariyadi akan berhadapan langsung dengan kompatriotnya di team Daihatsu pasangan perally wanita Monica Santoso/Pamela Agustine/Laurell Kurniasari/Margaret. Pasangan Ginanjar cs seperti mendapat kepercayaan diri setelah menjadi runner up di kejurnas Bali pada putaran ketiga lalu. Namun Monica Santoso dinilai lebih konsisten dalam putaran 2023 ini sehingga diprediksi bisa lebih unggul dari Ginanjar cs.

Baca Juga: Bukti Kepedulian Santri Ganjar di Tanah Laut, Cat Ulang Musala dan Kerja Bakti

Sepertinya kejurnas wisata rally Kalsel ini akan menyajikan kejutan tersendiri. Ada perally ‘underdog’ namun bisa menjadi kuda hitam di putaran Kalsel.

Jeffery JP/Roy Adrianto/Fredrik T Muladi akan menjadi kuda hitam itu. Meski berstatus seeded B namun Roy Adrianto akan langsung ‘nyetel’ dengan injakan pedal gas Jeffery JP dan ‘feeling’ yang baik dari Fredrik T Muladi.

Hasil minor pada beberapa putaran kejurnas sebelumnya kemungkinan akan berakhir di Kalimantan Selatan bagi Jeffery JP & Fredrik Muladi yang sama-sama pernah menjadi coDriver Hutomo Mandala Putra di era rally mobil group A 1990an. (adh/tim)

Follow Portal Banua di Google News Cek Berita Lainnya 

 


0 Komentar