Serap Curhatan Warga, Hingga Usulkan Pokir, Ketua Komisi IV DPRD Kota Banjarmasin Saut Nathan Samosir Turun ke Lapangan

 

Ketua Komisi IV DPRD Kota Banjarmasin, Saut Nathan Samosir Saat Berada di SDN Kuin Selatan 4 Gang Budiman Didampingi Kepala Sekolah Hairul

PORTALBANUA.CO.ID - BANJARMASIN

Saat menyambangi SDN Kuin Selatan 4 Gang Budiman, Ketua Komisi IV DPRD Kota Banjarmasin, Saut Nathan Samosir menerima curhatan pihak sekolah yang mengeluhkan halaman sekolah yang kerap kebanjiran saat hujan deras (banjir rob) datang.

Untuk menyerap aspirasi masyarakat di Kecamatan Banjarmasin Barat, anggota DPRD Kota Banjarmasin Fraksi PDI Perjuangan, Saut Nathan Samosir langsung turun ke lapangan.

“Sebenarnya keluhan ini sudah kita sampaikan ke dinas terkait. Mungkin karena keterbatasan anggaran jadi tertunda lagi. Tapi, untuk tahun ini sudah masuk perencanaan, dan rencananya Tahun 2024 targetnya akan dilakukan peninggian halaman sekolah,” ucap Saut Nathan Samsoir, Rabu (13/9/2023) ketika berada di SDN Kuin Selatan 4.

Baca Juga: Beda Tafsir Permendagri No. 84 Tahun 2022, Pembahasan APBD-P Provinsi Kalsel Deadlock!

Kepala Sekolah SDN Kuin Selatan 4, Hairul, mengucapkan terimakasih atas kunjungan Caleg DPRD Kota Banjarmasin Dapil Banjarmasin Barat Saut Nathan Samosir tersebut.

“Kami sudah sering mengusulkan peninggian halaman sekolahnya, namun hingga saat ini belum direalisasikan oleh pihak terkait,” tuturnya.

Akhirnya, sambung Hairul, pihak sekolah bersama orang tua murid pun harus merogoh kocek sendiri untuk meninggikan lapangan. Namun, karena keterbatasan dana peninggian lapangan hanya bisa dilakukan di area pinggir lapangan saja.

Ketua Komisi IV DPRD Kota Banjarmasin Saut Nathan Samosir saat berada di Kampung Tanggui Kuin Cerucuk
“Mudah-mudahan dengan kedatangan pak Saut Nathan Samosir, usulan kami bisa segera ditindaklanjuti. Karena, kalau musim hujan dan banjir rob datang, lapangan pasti calap (tergenang) dan kami tidak bisa beraktivitas,” ujarnya.

Baca Juga: Rp 16 Juta Aja, Honda New Supra 125 Matic 2023 Siap Gantikan Honda BeAT

Ada beberapa lokasi yang disambangi Samosir, sapaan karibnya. Sejumlah uneg-uneg warga pun ditampungnya untuk kemudian diteruskan kepada Pemerintah Kota Banjarmasin, maupun instansi terkait agar secepatnya mendapatkan solusi.

“Kunjungan kita hari ini ada beberapa titik yang kita datangi, untuk melihat langsung apa yang menjadi keluhan warga. Mulai dari kawasan Zafri Zam-Zam, Kelurahan Kuin Cerucuk, Kuin Selatan hingga Basirih,” ujar Saut Nathan Samosir, Rabu (13/9/2023).

Di Jalan Zafri Zam-Zam, Samosir melihat kondisi Sungai Landas yang menyempit dan tertutup oleh bangunan-bangunan rumah penduduk.

“Nanti akan kita coba koordinasikan dengan pemerintah kota dan dinas terkait, apakah rencana untuk menghidupkan kembali Sungai Landas tersebut. Karena bisa berdampak banjir jika curah hujan tinggi, lantaran arus sungai yang terganggu oleh bangunan,” ungkapnya.

Baca Juga: Perhelatan Piala Suratin Kalsel Digelar November 2023

Kemudian, Samosir bersama tim bergerak ke Jalan Belitung, Gang Pelangi RT 12, Kelurahan Kuin Cerucuk. Di sini dia menyerap aspirasi warga yang ingin jembatan yang menjadi akses penghubung jalan mereka diperbaiki.

“Warga di sana mengeluhkan kondisi jembatan yang mulai membahayakan orang yang melewatinya. Selain itu, jembatan yang terbuat dari kayu ulin itu juga mengeluarkan suara yang mengganggu atau berisik saat dilintasi kendaraan bermotor. Warga berharap, jembatan di Sungai Duyung tadi agar bisa direhab lagi sekaligus di cor semen.

Gang Karya RT 9 RW 01 Kelurahan Kuin Selatan. Di sini, lebar anak sungai juga menyempit karena terdesak oleh bangunan rumah penduduk, ditinjau Ketua Komisi IV DPRD Kota Banjarmasin Saut Nathan Samsoir

Selanjutnya, Owner Lintas Jawa Group ini, juga mengunjungi Kampung Tanggui. Tepatnya di Gang Ramania, Kuin Cerucuk. Di sini, warganya terutama ibu-ibu banyak yang berprofesi sebagai perajin tanggui (caping) penutup kepala yang terbuat dari daun nipah.

“Nah, ibu-ibu pembuat tanggui ini tadi mengaku perlu bantuan modal usaha. Mungkin dari pemerintah atau pun pihak-pihak lain. Karena, saat ini mereka hanya mengambil upah saja,” katanya.

Baca Juga: Kredit Usaha Rakyat Tertinggi di Kalsel Capai Rp3 Triliun

Tak sampai di situ, Samosir lalu bergerak ke Gang Karya RT 9 RW 01 Kelurahan Kuin Selatan. Di sini, lebar anak sungai juga menyempit karena terdesak oleh bangunan rumah penduduk.

“Sebenarnya ini sudah masuk Pokir tahun 2022 dan sudah disetujui. Tapi, kita lihat tadi masih belum dikerjakan sampai mau habis tahun 2023. Padahal target kita sebenarnya bukan itu, melainkan titian menuju alkah. Tadi sudah kita lanjutkan ke dinas terkait dan segera dikoordinasikan,” imbuh pemilik Café 99 Trisakti Banjarmasin ini. 

Ketua Komisi IV DPRD Kota Banjarmasin Saut Nathan Samsoir di Gang Alkah Tanjung Berkat Bersama Lurah Basirih Fadly Aulia
Sedangkan, di Kelurahan Basirih, Jalan Tanjung Keramat, Gang Alkah RT 8 RW 01, Samosir juga mendapati warga yang minta diperjuangkan pembuatan jalan titian baru menuju alkah kubur. Lantaran kondisi titian yang ada sudah sangat memprihatinkan dan selalu terendam air saat musim penghujan dan banjir rob datang.

Baca Juga: Seminar Internasional Dorong Pertumbuhan Ekonomi dengan Kelestarian Lingkungan

“Sudah saya koordinasikan dengan lurah setempat untuk dibuatkan proposalnya. Kalau bisa secepatnya supaya bisa kita perjuangkan dan dapat dikerjakan pada tahun 2024 nanti,” tukas pemilik ekspedisi Lintas Jawa Group.

Pada kesempatan itu, Lurah Basirih, Fadly Aulia, mengungkapkan rasa terima kasih atas kedatangan Saut Nathan Samosir. Pihaknya pun siap memfasilitasi warga agar bisa mengajukan perbaikan jalan titian menuju alkah kubur.

“Tentu kita menyambut baik kunjungan ini, karena akan sangat bermanfaat bagi warga.Terutama dalam menyerap berbagai aspirasi masyarakat,” tutupnya. (adh/tim)

Follow Portal Banua di Google News Cek Berita Lainnya

 

0 Komentar