Pupur Bangkal Dingin Jadi Pilihan Warga Kalsel

 

Pupur Bangkal Dingin

portalbanua.com, BANJARMASIN

Bermacam pupur dingin dan pupur bangkal dijual di toko rempah-rempah di kawasan Pasar Sudimampir Baru dan Pasar Sentra Antasari. Bahkan, produk kosmetik tradisional ini juga telah merambah ke toko online (e-marketplace).

Pupur dingin dengan wangi daun pandan (pudak) menjadi pilihan warga Banjarmasin untuk mendinginkan wajah melindungi sengatan matahari saat cuaca terik, atau menghilangkan plek-plek hitam di wajah akibat jerawat dan lainnya pada malam hari sebagai masker atau pelindung wajah.

BACA JUGA: BKN Tawarkan Solusi Perpanjangan Tenaga Honor Hingga Tahun 2026

Berbeda bentuk, pupur dingin kebanyakan berwarna putih dan berbentuk bulat karena dibuat dari bahan beras berkualitas. Sedangkan, pupur bangkal biasanya berwarna kuning kecoklatan berbentuk bulat pipih, meski dibuat dari bahan yang sama, namun ada campuran kulit pohon bangkal. Khasiatnya hampir sama untuk mengangkat kulit mati dari wajah, bekas jerawat atau luka parut akibat penyakit campak.

“Karena sampai sekarang masih diyakini khasiatnya, pupur dingin dan pupur bangkal masih digemari. Apalagi, sekarang juga ditambah wewangian daun pandan, buah bengkoang hingga kulit pohon bangkang. Khasiatnya untuk menyejukkan wajah, menghilangkan kulit mati, plek hitam serta menghaluskan dan mengencangkan kulit wajah,” tutur H Tajudin Noor, pemilik toko rempah-rempah di Pasar Sudimampir Baru, Kota Banjarmasin.

BACA JUGA: Teluk Kelayan di Kota Banjarmasin

Tak hanya produk kosmetik tradisional Banjar, toko H Tajudin Noor ini juga menjual aneka perlengkapan ‘batimung’ atau mandi uap (spa) khas Banjar. Plus rempah-rempah berkhasiat untuk bumbu masak, jamu dan obat-obatan tradisional.

Ia mengakui para pembeli tak hanya dari Banjarmasin, Kotabaru dan wilayah Kalimantan Selatan lainnya. Namun, ada pula pelanggan dari luar daerah seperti Kuala Kapuas, Sampit, Palangka Raya dan Samarinda.

Untuk harga, pupur dingin dijual seharga Rp 15 ribu per bungkus. Dalam setiap bungkus atau kemasan berisi 24 butir pupur dingin. Sementara untuk pupur bangkal dibanderol dengan harga yang sama. (brt/adh/tim)

0 Komentar