Telat Makan Mengakibatkan Perut Kosong, Begah, dan Kembung?

Perut Begah & Kembung?

portalbanua.com, JAKARTA

1.  Apa penyebab Perut Begah & Kembung? 

      Kembung?
Perut Begah & Kembung disebabkan kebiasaan yang Anda lakukan, antara lain makan terlalu banyak atau terlalu cepat, mengonsumsi makanan pedas dan berlemak, berbaring setelah makan, minuman bersoda, merokok, dan mengunyah permen karet.

2.   Apa saja komplikasi Perut Begah & Kembung?
Perut Begah & Kembung bisa saja menandai adanya penyakit refluks asam lambung, kolitis ulseratif (perdangan kronis pada usus besar), irritable bowel syndrome (gangguan jangka panjang pada sistem pencernaan).

3.   Bahayakah Perut Begah & Kembung?
Apabila Perut Begah & Kembungmasih saja terjadi dan tak kunjung membaik dalam beberapa hari, jangan tunda untuk segera ke dokter. Perut kembung yang menetap bisa menjadi pertanda dari penyakit Crohn, kanker ovarium atau pankreas.

4.   Mengapa Perut Sering Kembung?
Kondisi perut kembung dan begah juga bisa terjadi akibat pengaruh beberapa gangguan kesehatan tertentu yang berhubungan dengan sistem saluran pencernaan.

BACA JUGA: Manfaat dan Kegunaan Lidah Buaya

 Penyebab Perut Kembung

·       Asam Lambung Kronis (GERD)

Asam lambung naik atau (GERD) bisa menimbulkan nyeri perut dan rasa panas seperti terbakar di dada (heartburn). Selain itu, penderita yang menderita asam lambung  juga merasakan Perut Begah & Kembung, begah, mual, sisa makanan rasanya masih tersangkut di tenggorokan.

·        Penyakit Crohn

Penyakit ini dapat menyebabkan usus tersumbat. Seseorang yang mengalami penyakit Crohn akan merasakan kembung yang parah. Gejala kembung juga disertai dengan penurunan berat badan, diare, mual muntah setelah makan, serta ganguan asam lambung.

BACA JUGA: Nikmati Keindahan Pantai Ora di Maluku Tengah Bersama Keluarga

      Radang Lambung

Penyakit gastritis adalah peradangan lambung yang biasanya disebabkan oleh tukak lambung atau infeksi bakteri H. pylori. Gejala radang lambung meliputi perut begah atau kembung dan keras dan sakit perut di dekat ulu hati.

·        Kanker Usus Besar

Kangker usus besar atau kanker kolorektal. Jenis kanker ini cukup sering ditemui dan menimbulkan gejala Perut Begah & Kembung, nyeri perut. Penderita juga bisa mengalami penurunan berat badan, tinja berdarah, serta badan terasa lemas.

        Asupan Makanan Harian

Jika gejala Perut Begah & Kembung, Sebab bisa jadi, beberapa jenis makanan dan minuman tertentu bertindak sebagai penyebab kemunculan Perut kembung Seperti dibawah ini.

1.    Makanan berminyak, seperti kentang goreng atau makanan cepat saji

2.    Makanan manis, seperti cokelat, permen, atau kue bergula

3.    Makanan asin, contohnya makanan kemasan

4.    Makanan pedas, baik cabai maupun lada

5.    Minuman yang asam, seperti air jeruk

6.    Minuman berkafein, kopi teh, minuman bersoda, dan cokelat panas atau dingin

7.    Minuman beralkohol

Gejala Perut Begah & Kembung

1. Sering sendawa
Sering sendawa termasuk ciri khas Perut Begah & Kembung. Sendawa yakni proses normal ketika tubuh mengeluarkan udara yang menumpuk di dalam perut. Beberapa orang bahkan bisa sendawa hingga 20 kali sehari karena perut bergas.

2. Perut membesar
Ciri kedua Perut Begah & Kembung adalah sensasi penuh dan padat dari dalam dapat membuat perut tampak buncit membesar dan terasa keras. Hal ini disebabkan karena gas dan sisa makanan yang menumpuk di dalam perut.

BACA JUGA: Hubungan Minum Teh dan Resiko Diabetes Tipe 2

3. Kentut

Perut Perut Begah & Kembung karena terisi gas juga dapat membuat kita buang-buang angin alias kentut. Seperti sendawa, kentut merupakan cara tubuh untuk mengeluarkan gas dari dalam perut lewat anus atau dubur.

4. Sakit dan kram perut
Gas yang menumpuk di bagian kanan atas usus besar dapat menyebabkan sakit perut atau kram perut pada penderita Perut Begah & KembungSementara jika gas justru menumpuk di bagian kiri atas usus besar, rasa sakit atau kramnya dapat menjalar ke dada. (adh/tim/brt)

0 Komentar