muhibbin.online, – Saat sedang asyik-asyiknya menerima tamu, Abuya Maliki (Sayyid Muhammad bin Alwi Al Maliki) tiba-tiba berteriak, “Hei, ada orang besar di sini. Coba cari dan suruh ke sini. Beliau dari Magelang, dari Magelang!”

Para santri pun berupaya mencari orang yang dimaksud Abuya. Satu persatu para tamu ditanya apakah di antara mereka ada yang datang dari Magelang, Indonesia.

Setelah mencari cukup lama dan tidak ditemukan orang yang dimaksud, terlihat ada seorang jemaah haji yang duduk paling belakang menunjuk ke arah tiang. Orang tersebut menunjuk dengan sedikit ketakutan.

Santri Abuya pun menghampiri tiang yang dimaksud si penunjuk. Di sana dia mendapati seorang tua sedang duduk dengan menundukkan kepala. Dialah Mbah Hasan Mangli dari Magelang.

Santri tersebut pun meminta Mbah Mangli untuk berkenan menemui Abuya Maliki. Mulanya, dia tidak berkenan. Namun, Abuya kemudian meminta si santri untuk membawanya ke depan.

Setelah berhadapan, Abuya langsung merangkul orangtua itu. “Showwir..Showwir! (Potret, potret),” kata Abuya dengan nada tinggi.

Habib Idrus, santri Abuya yang berkhidmah sebagi pemotret pun segera melaksanakan perintah Abuya.

Sepertinya, Abuya tahu bahwa salah satu karomah Mbah Hasan Mangli adalah tidak bisa dipotret. Dan inilah fotonya. Foto Abuya sedang merangkul Mbah Hasan Mangli. Menariknya, pada saat Abuya memerintahkan memotret, di saat yang bersamaan banyak jemaah yang mengabadikan momen tersebut. Akan tetapi hasil foto yang jadi, hanya hasil foto yang dibidik oleh Habib Idrus, santri yang disuruh Abuya Maliki.

Sumber: Ig Muhibbinabuya

Editor: Muhammad Bulkini

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *