Haul Abah Guru Sekumpul ke 15 Bakal Lebih Meriah, Ada Pameran Peninggalan Rasulullah
Haul Abah Guru Sekumpul ke 15 Bakal Lebih Meriah, Ada Pameran Peninggalan Rasulullah

muhibbin.online, BANJARMASIN – Haul Abah Guru Sekumpul ke 15 sepertinya akan lebih meriah dibandingkan haul-haul di tahun sebelumnya. Pasalnya, pada momen haul akbar tersebut juga akan digelar pameran puluhan pusaka peninggalan baginda Nabi Muhammad SAW dan para sahabat di Martapura, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan (Kalsel).

Sebanyak 35 benda pusaka peninggalan RasulullahSAW yang akan dipamerkan  dalam pameran ini. di antaranya rambut, sepatu, bekas tapak kaki, darah bekam, tongkat, panah (busur), serban, tempat air minum zamzam, dan cemeti (cambuk) kuda.

“Yang semuanya itu milik Rasulullah SAW,” ujar Kepala Dinas Kominfo, Statistik dan Persandian Kabupaten Banjar HM Aidil Basith usai mendampingi Bupati KH Khalilurrahman dan Sekda Banjar H Mokhamad Hilman, menerima tamu dari Geri Warisan MAR Malaysia, yang dipimpin Nik Abdul Naseer bin Hamzah, Selasa (21/1).

Selain peninggalan Nabi SAW, turut dihadirkan peninggalan para sahabat. Di antaranya pedang Muaz Bin Jabal, pedang milik Amru bin Ash, pedang milik Usman Bin Affan, pedang milik Ali Bin Abi Thalib, Alquran emas milik Kesultanan Turki Ustmani, dan banyak lainnya.

“Rencananya pameran akan kita gelar menjelang Haul ke 15 Guru Sekumpul, di Balai Pertemuan di Indrasari dekat Stadion Demang Lehman, Martapura,” jelas Basith.

Peninggalan Nabi Muhammad SAW ini, tambah Basith, bertujuan untuk memperlihatkan secara nyata dan secara dekat kepada masyarakat bagaimana wujud dari benda-benda peninggalan Nabi Muhammad SAW dan para sahabat.

“Pak Bupati Khalilurrahman saat menerima tamu dari Malaysia, menyambut antusias acara pameran nanti. Beliau bahkan mengajak masyarakat Kabupaten Banjar untuk sama-sama melihat dari dekat benda-benda bersejarah tersebut,” pungkas Basith.

Adanya pameran peninggalan Rasulullah SAW tersebut disinyalir akan turut memeriahkan haul Abah Guru Sekumpul ke 15 di tahun ini.

Sumber: apahabar.com
Editor: Ibnu Syaifuddin

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *