muhibbin.online, BANJARMASIN – Para Muhibbin tentu tahu dengan Habib Husein bin Abu Bakar Al Aydrus. Makam Shahib Luar Batang, Jakarta tersebut ternyata dapat perhatian dari Kesultanan Turki Utsmani.
 
Sebagaimana diungkapkan Ustadz Anto Djibril dalam sebuah postingan instagramnya, dia mendapat salinan penelitian sejarah terkait luar batang.
 
“Banyak peneliti sejarah, hingga kini masih belum merampungkan tentang risetnya yang berkaitan dengan sosok besar Shahib Keramat Luar Batang.

Tetapi saya diberikan rangkuman dari beberapa pemerhati sejarah,” ungkap Anto Djibril.
 
Rangkuman tersebut, sambungnya, terkumpul dalam sebuah tulisan berjudul “Dari Luar Batang sampai pulau panggang-Wisata Ziarah menyibak sejarah dan perairan Jakarta”.
 
“Makam dan Masjid Keramat Luar Batang sendiri, pernah menjadi perhatian besar Kesultan Ustmaniyah (Ottoman Turki) yang ikut membangun Qubah Makam dan Masjid tersebut, yang selesai di tahun 1916 M,” tulisnya.

Pada tahun 1937, Anto Djibril melanjutkan, atas permintaan Habib Ali Kwitang, Susuhunan Pakubuwono X pun membangun dan memperluas Masjid, serta merenovasi gapura masjid hingga menjadi terlihat lebih kokoh.
 
“Bangunan Kesultan Ustmaniyah kini sudah tidak terlihat lagi, begitu juga bangunan Susunan Pakubuwono X. Yang tersisa gapuranya saja. Bangunan itu kini berganti dengan bangunan baru,” terangnya.

Meski bangunan-bangunan itu tak lagi terlihat, kata Anto, Luar Batang tetap ramai dikunjungi. Tiada lain, Sayidinal Imam Al Habib Husain bin Abubakar Al Aydrus-lah yang menjadi daya tariknya.
 
Editor: Muhammad Bulkini

 

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *